indonesia raya

Lagu kebangsaan adalah lagu yang menjadi simbol suatu negara atau daerah. Biasanya lagu ini ditetapkan oleh hukum, tetapi kebanyakan tidak, seperti pada lagu kebangsaan inggris

kebanggaan saya akan national anthem kita memang tak ternilai.

beberapa hari yang lalu ketika membuka youtube, saya tercengang melihat jordin sparks (American idol) dengan sura merdunya menyanyikan America national anthem, sempat saya dibuat merinding karenanya. ada perasaan iri merambat di dada saya,kenapa mereka begitu bangga dan indah menyanyikan lagu kebangsaan mereka. banyak pertanyaan muncul di benak saya, apakah saya dan semua masyarakat Indonesia dapat membuat merinding masyarakat negara lain ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya karya pak WR.supratman?apa saya dan masyarakat Indonesia lainnya dapet membuat mereka iri?

menyanyi memang butuh feel, orang yang memiliki feel memang lebih cenderung kepada orang yang perasaannya terbawa kepada lagu yang dia bawakan dan penyanyi profesional yang telah dilatih untuk mendapatkan "feel" di setiap lagu yang mereka nyanyikan.

no offense, saya percaya bahwa tidak sedikit orang yang tidak hafal lagu kebangsaan kita, saya pun jika memang harus menyanyi secara lengkap pasti masih terbata-bata, apakah itu sikap meremehkan?menyepelekan?atau menganggap tidak penting?

Mulanya,mulai detik ini dengan segala kehormatan saya terhadap negara saya, dengan jiwa pemuda, dengan jiwa nasional dan patriotis yang saya miliki agaknya masih banyak yang harus saya perdalam tentang negara saya sendiri, terutama saya memulai dari hal yang terlihat kecil tapi bermakna besar ini.LAGU KEBANGSAAN INDONESIA



INDONESIA RAYA

Ciptaan : W.R. Supratman / Wage Rudolf Supratman

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Tanah yang mulia
Tanah kita yang kaya
Di sanalah aku berada Untuk slama-lamanya
Indonesia Tanah pusaka Pusaka Kita semuanya
Marilah kita mendoa Indonesia bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah jiwanya
Bangsanya Rakyatnya semuanya
Sadarlah hatinya Sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Tanah yang suci Tanah kita yang sakti
Disanalah aku berdiri 'njaga ibu sejati
Indonesia! Tanah berseri Tanah yang aku sayangi
Marilah kita berjanji Indonesia abadi

Slamatlah Rakyatnya Slamatlah putranya
Pulaunya lautnya semuanya
Majulah Negrinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya

Comments

Popular Posts