buat orang yang ngerasa kemaren malem melakukan hal dibawah ini


dear you,
Kita sebaiknya mulai belajar memberanikan diri untuk berkata tidak; terhadap NAPZA karena hal itu akan membantu kita merasa lebih nyaman untuk mendapatkan apa yang sebetulnya kita inginkan (atau tidak menjadi korban karena melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan). Perlu diingat kalau kita tidak berani berkata enggak, maka kita sendiri yang akan menanggung konsekuensi dari perbuatan itu. Ingat, kita bertanggung jawab terhadap hidup kita sendiri dan keputusan yang kita buat. Jadi, walaupun kita melakukan sesuatu karena terpengaruh oleh orang lain, kita tidak bisa meminta orang lain itu untuk bertanggung jawab atas akibat dari tindakan kita. Contohnya, kalau kita menggunakan NAPZA karena pengaruh teman kita, lalu kecanduan, lalu sakaw, lalu harus rehab dengan biaya selangit, maka semua itu kita dan keluarga yang menanggung, bukan si teman. Iya, kan?

Nah, sudah waktunya bagi kita untuk bersikap tegas. Sebetulnya kemampuan untuk bersikap tegas terletak pada kekuatan pribadi kita, yaitu kekuatan untuk mengatakan ya atau tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kalau kemauan kita jelas dan bisa mengungkapkannya dengan tegas, maka kita tidak lagi mudah menjadi korban karena orang lain mengerti apa keinginan kita sehingga tidak seenaknya dengan kita.

Kita perlu meningkatkan kemampuan untuk:
• Bersikap tegas tapi sopan untuk tidak menerima ajakan atau tawaran menggunakan obat-obatan terlarang. Yakinkan pada diri kita kalau menggunakan NAPZA akan merugikan dan merusak masa depan kita.
• Katakan dengan jujur bagaimana perasaan kita. Jangan berbohong atau mengarang-ngarang alasan mengapa kita tidak dapat melakukan hal itu. Misalnya katakan, saya tidak mau mulai menggunakan NAPZA karena takut kecanduan dan keterusan, atau kalau saya mulai menggunakan NAPZA, saya tidak akan bisa terpilih dalam tim basket lagi, saya bisa dikeluarkan dari sekolah kalau ketahuan menghisap ganja. Jangan bilang, misalnya: kapan-kapan aja deh, sekarang saya lagi batuk. Kalau begini alasannya, ajakan akan terus datang dan datang lagi.
• Tunjukkan pada teman kita kalau kita masih menyukainya hanya tidak mau ikut-ikut melakukan hal yang menurut kita tidak pantas.
• Usulkan untuk melakukan hal lain yang juga bisa menyenangkan untuk dilakukan sebagai gantinya. Misalnya, ajak dia main video game, nonton, atau berenang.
• Kalau teman itu tetap berusaha mengajak kita, segeralah pergi menjauh tanpa berkata apa-apa lagi.
• Kita harus juga bersiap-siap kalau dijahui oleh teman kita walaupun kita sudah berusaha bersikap manis.

Kata-kata penolakan harus dipilih hati-hati jangan sampai menimbulkan kesombongan yang menyebabkan ketersinggungan berlebihan sehingga membuat teman kita malah makin penasaran untuk membujuk dan menaklukkan kita. Seperti, ih... saya sih enggak mau mati konyol karena kalian! Hubungan kita dengan teman- teman kita terpulang pada diri kita sendiri. Kita berhak memilih dan juga berhak memutuskan yang terbaik buat kita.

narkoba itu ngga berguna friends.

say no to drugs.

save your life(baru kalo bisa selametin temen)



Comments

Popular Posts